Photobucket

Senin, 01 Desember 2008

Pergiliran Roda Kehidupan

Kehidupan bukan kita yang punya, bukan kita yang mengendalikan. Makanya ia sering berjalan bertolak belakang dengan keinginan kita. Bisnis kita bisa gagal, rencana kita bisa gagal. Lalu siapa yang punya ? Kita sudah tahu jawabannya, yaitu Allah SWT, Yang Maha Memegang segala urusan.

Bila sudah tahu hal ini, semestinya kita tidak jadi manusia yang gampang bersedih, marah, kecewa apalagi berputus asa. Kan, bukan kita yang mengatur, jadi serahkan saja ke Yang Maha Mengatur. Bila gagal sebab kita yang salah, minta ampun. Bila gagal, sebab ia adalah ujian, hendaknya mohon diberi keselamatan.

Memang tidak gampang menerima kenyataan. Disebut tidak gampang sebab ia membawa kita pada kesedihan. Apalagi kita manusia, punya rasa, punya perasaan. Tapi, kalau kita pikir-pikir, diterima atau tidak kejadian buruk, ia sudah terjadi, dan kita tidak bisa memutar waktu. Hilang uang, kita marah, kita sedih, uang sudah terlanjur hilang. Kita dipecat, lantas kita marah dan sedih, memang sudah dipecat. Apalagi yang bisa kita lakukan kecuali memang mengembalikan lagi semua kejadian kepada Penguasa setiap kejadian.

Seperti siang dan malam, beginilah kehidupan berputar. Tidak mungkin kita hidup dalam nuansa yang terus menerus terang. Tidak Ada. Pasti ada masa dimana suasananya buram atau bahkan gelap. Lalui saja dengan ikhlas, lalui saja dengan sabar. Karena ketika malam datang, kta juga tahu bahwa esok fajar kan menjelang, lalu siang akan kembali datang. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: