Photobucket

Senin, 22 Desember 2008

Hikmah Kegagalan

Kegagalan itu biasa. Itu kata mereka yang tidak mengenal kata putus asa. Tapi bagi mereka yang mudah mengeluh, kegagalan berarti keburaman, selesai.

Ada dua hal mengenai kegagalan. Pertama, kegagalan adalah sebuah perlindungan Tuhan dari sebuah kegagalan yang lebih besar. Artinya, jika kita tidak gagal sekarang, bisa jadi kegagalan yang lebih besar yang akan terjadi. Kita tidak tahu apa yang terbaik untuk kita. Kedua, kegagalan adalah wujud kesuksesan yang lebih besar, bisa jadi kegagalan saat ini merupakan pintu kesuksesan di bidang yang lain.

Intinya kepositifan berpikir. Apapun yang terjadi sangat kita perlukan cara berpikir yang positif. Hasilnya, kehidupan akan berlangsung dalam keadaan yang tetap nyaman. Coba kalau kita berpikir dengan pola pikir yang negatif, maka kenegatifan itu yang akan mewarnai kehidupan di masa yang akan datang.

Kesuksesan biasanya muncul setelah satu atau dua kali kegagalan. Seseorang akan belajar habis-habisan apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu diubah dalam menyikapi kegagalan. Jadilah pemenang pada setiap keadaan. Karena seorang pemenang adalah bukan saja ketika ia bisa meraih kesuksesan, tetapi ketika ia juga bisa menerima kegagalan dengan lapang dada. Dibalik kegagalan ada sejuta harapan, asal kita bergantung kepada Sang Pemenuh Harapan, Allah SWT. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: