Photobucket

Sabtu, 22 November 2008

Ayat Kursi Menjelang Tidur

Sahabat Abu Hurairah r.a. ditugaskan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga gudang zakat dibulan Ramadhan. Pada malam pertama, ia menangkap pencuri yang ketahuan masuk ke gudang. Namun karena memelas sebagai orang miskin, ia pun melepaskannya. Malam kedua, sang pencuri ternyata datang kembali, dan kembali ia tertangkap oleh Abu Hurairah.

Kali ini dengan lebih memelas, sang pencuri berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Abu Hurairah kembali luluh dengan alasannya. Malam ketiga, ternyata sang pencuri kembali beraksi. Dengan geram ia pun menangkap dan memitingnya erat-erat, "kali ini kau akan aku adukan kepada Rasulullah. Sudah dua kali kau berjanji tidak akan datang lagi kemari, tapi ternyata kau berbohong". Pencuri itu memohon untuk dilepaskan. Tapi, melihat raut muka Abu Hurairah pencuri putus asa, bahwa ia tidak akan dilepaskan lagi. Ia pun berkata : "Lepaskan saya, akan saya ajari tuan beberapa kalimat yang sangat berguna."

"Bila tuan hendak tidur, bacalah ayat kursi : Allahu laa ilaaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuuumu.... dan seterusnya sampai akhir ayat. Maka tuan akan selalu dipelihara oleh Allah, dan tidak akan ada syaitan yang berani mendekati tuan sampai pagi."

Maka pencuri itupun dilepaskan oleh Abu Hurairah. Esoknya ia mengadukan kembali peristiwa yang dialami, terutama kalimat yang diajarkan oleh sang pencuri. Rasulullah lantas bersabda, "Pencuri itu telah berkata benar, sekalipun sebenarnya ia tetap pendusta. Tahukan kamu, karena dialah syaitan."

Tidak ada komentar: